Gimana sih caranya biar menulis bisa greget gitu? Memang bukan persoalan yang mudah untuk melakukan aktivitas menulis. Butuh tekad yang kuat dan modal waktu cukup lama. Konsistensi untuk merutinkan aktivitas menulis akan menghasilkan bobot tulisan yang semakin bagus dan berkualitas.

Temen-temen yang suka nulis pasti juga berpikir tentang masalah ini. Ya, salah satu penyebabnya karena mungkin menulis hanya dijadikan hobi tapi bukan profesi. Andai kata menulis jadi profesi, pasti punya banyak waktu untuk menulis karena itu merupakan tugas utamanya.

Berikut Saya paparkan tips ringan agar rutinitas menulis tak pernah pudar walau sehari saja.

Gabung
Faktor utama kamu yang suka nulis tapi akhirnya nggak ada waktu buat nulis ialah karena orang disekitarmu tak juga senang atau sehobi denganmu. Bergabung dengan temen-temen yang aktif menulis akan memberikan dorongan kuat dan menjaga semangat positif untuk terus menulis.

Minimal setidaknya punya grup tersendiri untuk wilayah lokal. InshaAllah nggak ada satu kota pun yang nggak punya komunitas menulis. Kalo pun nggak ada, mungkin kamu kurang kepo atau nggak pernah ngerti aktivitas mereka. Nah, ketika disekitar kita ada yang sehobi, akan memberi pengaruh yang besar baik dari pola pikir, semangat menulis, atau jangan-jangan ketemu jodoh disana. Hehe.


Sosmed
Faktor lain yaitu perhatikan aktivitas sosial mediamu. Sebenernya kamu punya banyak waktu buat nulis. Tapi tanganmu lebih suka scroll akun mantan, kepoin artis, atau nonton video viral nggak jelas yang bikin kamu ketawa. Tanpa sadar, justru dirimu sendirilah yang menghambat aktivitas menulismu. Padahal waktu luang sudah mendukung, hanya kamu saja yang justru tak memanfaatkannya sebaik mungkin.

Cobalah ketika menulis singkarkan dulu smartphone. Matikan data koneksi internet. Buka buku, dan mulailah menulis. Notifikasi dari ponsel pasti menjadi gangguan terberatmu. Kepo. Takutnya pesannya penting, urgent, padahal mah cuma like doang. Kan jadinya malah sia-sia waktu kita.

Itu dia cara atau tips agar aktivitas menulismu cetar membahana. Mau gimana pun semangatmu, jika kedua hal diatas nggak bisa kamu implementasikan -menulis bakal jadi OMDO (Omong Doang). Jangankan masuk kategori Best Seller, nyelesein satu naskah mungkin butuh waktu seumur hidup -karena kamu sendiri yang kurang perhatian dengan aktivitas menulismu.

Untuk temen-temen yang ikutan event menulis, bisa langsung lihat hasil pengumumannya dengan klik gambar ini. Ikuti alurnya hingga menemukan link pengumuman daftar yang lolos seleksi.


...