Aduh. Mau nulis apa ya?! Kok sulit buat mikir nih?! Pernah nggak terjadi seperti itu? Pasti pernah dong. Sudah greget mau nulis, ehh bingung apa yang mau ditulis. Lupa sama ide yang tadi muncul. Biasanya sih ini dikarena saat ide muncul, tak segera dieksekusi dan pikiran dimasuki oleh hal-hal baru sehingga terjadilah kebingungan. Dalam dunia kesehatan seperti ini disebut blank.

Bagaimana cara mengatasinya?

Bergerak
Sebenarnya untuk mengatasi blank saat menulis ada banyak cara. Dan sekali lagi, hal ini tergantung pribadi masing-masing. Perlu diketahui bahwa kadang ide muncul dengan sendirinya tanpa kita perlu mencari. Hanya saja, di waktu bersamaan ada banyak informasi yang kita dapatkan. Misalnya, jam istirahat saat kerja atau diberi tugas tambahan oleh atasan, dan masih banyak hal lain. Sehingga informasi atau ide yang dirasa tidak relevan (karena ada aktivitas lain yang saat itu harus dilakukan), otak akan membuangnya dari ingatan jangka pendek.


Cara pertama yang bisa dilakukan adalah berjalan keluar dan tidak tinggal diam disitu. Pada saat Saya di asrama dulu, Ustadz Saya pernah mengatakan jika mimpi buruk, maka pindahlah tempat tidur, karena jika tetap ada di tempat itu maka akan terus berkelanjutan mimpi buruknya.

Bagi Saya ini bukan sekedar himbauan lantaran disekitar tempat tidur ada makhluk astral yang mengganggu, melainkan energi negatif di tempat itu tak lagi mendukung otak untuk mereset ingatan.

Begitu pula saat kamu menulis. Jika di tempat kita menulis tiba-tiba pikiran buntu, segeralah bergerak keluar, meski hanya sekedar jalan-jalan atau makan camilan. Dengan cara ini akan menyalakan kembali sistem otak untuk bekerja lebih optimal.

Air
"Ada Aqua?" Pasti kita sudah paham akan iklan air mineral ini. Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang didirikan tahun 1973 ini menampilkan iklan-iklan yang cukup menarik. Pada intinya, orang dalam iklan tersebut merasa pede bahwa daya ingat dan konsentrasi pasti terjaga tanpa minum air putih -dan hasilnya ternyata zonk. Tiba-tiba ia lupa ingatan, bingung mau ngerjain apa, atau salah persepsi saat atasan memerintah.

Iklan ini bukan sekedar promosi, tapi memang demikian adanya. Bahkan dokter menganjurkan agar setiap 45 menit meminum air, terutama bagi yang kerjanya duduk di kantor. Karena waktu maksimal otak benar-benar konsentrasi yaitu 45 menit saja. Jika tak diimbangi dengan air putih maka bukan hanya konsentrasi yang menurun, melainkan juga stamina dikarenakan dehidrasi.

Caroline Edmonds, peneliti dari University of East London School of Psychology di Inggris menerangkan bahwa ada hormon yang hanya bisa dibentuk jika kita meminum air. Andai tak meminum air, maka akan menyebabkan seseorang lupa ingatan jangka pendek, sulit walau hanya untuk merangkai kata, dan bingung tentang apa yang akan dilakukan selanjutnya. Hormon ini bernama Vasopressin.

Bagi kamu yang suka bingung, ide buntu, atau linglung nggak karuan walau hanya untuk menulis saja maka cobalah lakukan hal diatas. Masih banyak alternatif lain. InshaAllah akan Saya sampaikan di tips menulis berikutnya.