Udah nulis-nulis tapi kok tetep aja nggak masuk Best Seller? Emang apa aja sih tips biar bisa jadi penulis Best Seller? Pertanyaan ini sering diajukan oleh temen-temen. Seolah-olah pengen ada di samping penulis Best Seller terus berhari-hari agar tahu kebiasaan agar sukses dalam menulis.

Menulis itu memang candu. Nggak heran jika Pablo Neruda mengatakan "Bagi saya, menulis itu seperti bernapas. Saya tidak bisa hidup kalau tak bernapas, dan Saya tidak bisa hidup kalau tak menulis"

Seorang Tim Ferriss, penulis Best Seller di Amerika Serikat membuat sebuah penelitian selama 10 tahun dan mewawancarai ratusan penulis profesional di puncak bidang mereka. Di lansir oleh Bussiness Insider, Ferris mengungkapkan kebiasaan penulis Best Seller ini.

Sepuluh Menit
Ternyata kebiasaan para penulis Best Seller jauh dari yang kita bayangkan. Salah satu yang paling mengejutkan ialah melakukan aktivitas menulis tidak lebih dari sepuluh menit. Para penulis Best Seller lebih senang membaca buku dibandingkan menulis.

Mereka tak begitu menggebu-gebu untuk menyelesaikan tulisannya. Yang penting bertahap, pelan tapi pasti. Nggak heran juga buku-buku mereka nyaman dibaca, renyah, penuh intrik, bahkan dibikin ingin membaca lagi, lagi dan lagi. Berbeda terbalik dengan kita yang ingin cepat selesai, minim sekali membaca buku, alih-alih punya harapan tulisan kita bagus.


Merapikan Tempat Tidur
Hal yang tak terduga lainnya yang menjadi kebiasaan Penulis Best Seller adalah setiap hari merapikan tempat tidur. Kebiasaan yang kita anggap sepele padahal memiliki pengaruh yang sangat besar untuk aktivitas kita seharian.

Mungkin kita beranggapan bahwa seorang penulis Best Seller kamarnya acak-acak, banyak kertas berserakan, tidak pernah mandi, guling-bantal-sprei ada di lantai, sapu diatas meja, dan lain sebagai. Ternyata yang selama ini kita bayangkan hanyalah HOAX belaka.

Naval Admiral William Mc Raven dalam sebuah pidato di University of Texas di Austin menyampaikan "Jika kamu merapikan tempat tidur setiap pagi, maka kamu akan menyelesaikan tugas pertama di hari itu. Ini akan memberimu rasa bangga dan akan mendorongmu untuk menyelesaikan tugasmu yang lain".

Dari dua kebiasaan ini saja, sepertinya kita masih jauh dari kebiasaan para penulis Best Seller ya. So, yuk latih kebiasaan para penulis Best Seller ini. Simpel tapi sulit kita lakukan.