Halo. Kamu suka nulis? Pastinya dong. Kalo nggak suka nulis nggak bakal baca nih tulisan. Yang suka nulis pasti kepoin tulisan-tulisan yang isinya tentang dunia tulis-menulis. Dan salah satunya adalah kamu. Iya kamu. Love you. Hehe.

Oh iya, kayaknya ada lho pertanyaan yang mungkin sulit ditebak seperti ayam dan telur. Kamu pasti bingung mau jawab kayak gimana. Telur dulu atau ayam dulu. Kalo bilangnya telur dulu, pasti pihak lawan jawabnya "telur dari mana?". Kalo kamu bilang ayam dulu, bakal ada tanggapan "ayam awalnya dari apa?".

Begitu juga antara membaca dan menulis. Sebenarnya duluan mana sih aktivitas ini? Awalnya baca dulu atau nulis dulu? Kalo baca dulu, kan yang kita baca adalah dari hasil tulisan orang. Kalo kita nulis dulu, kita kan belajar buat baca dulu. Jadi sebenernya mana yang duluan?

Eits, sayangnya yang kita bahas kali ini bukan itu ya. Yang bakal kita bahas yaitu manfaat menulis yang selama ini tidak kita duga-duga alias jarang diketahui banyak orang hubungan dengan manfaat menulis. Jepang sebagai salah satu negara yang memiliki kesadaran akan baca-tulis jauh lebih dibandingkan Indonesia. Karena mereka tahu manfaat menulis itu sendiri.

Daya Ingat
Ternyata orang yang juga menulis, selain bukan sekedar hobi nulis tapi manfaatnya lebih dari itu -mempertahankan daya ingat. Tahukah kamu bahwa semua manusia berpengaruh terjangkit penyakit Alzheimer. Penyakit ini akan menurunkan fungsi daya ingat karena kerusakan sel-sel di otak kita. Normalnya sih saat menginjak usia dewasa sudah mulai turun daya ingatnya.


Nah, bagi kamu yang suka nulis inshaAllah bakal terhindar dari penyakit ini. Atau setidaknya memperlambat hadirnya kerusakan sel di otak. Sehingga tidak akan mudah stress, terserang penyakit jantung bahkan konsentrasi akan tetap terjaga meski sudah di usia senja.

Menciptakan Sejarah
Kamu suka nulis diari? Yang suka nulis diari pasti seneng baca yang dulu-dulu. Kadang sambil nangis, ketawa, terus mikir "ternyata dulu aku kayak gitu ya?!".

Tanpa sadar ternyata kamu sudah menciptakan sejarah lho. Bukan hanya itu saja. Ide-ide, gagasan, dan beragam pemikiran sebenarnya sudah kamu abadikan dalam tulisanmu. Sehingga, ketika kamu buntu ide, langkah paling mudah adalah melihat tulisan-tulisanmu terdahulu. Mudah banget kan?

Itulah manfaat nulis yang tak disadari oleh banyak orang. Setelah baca ini, pastikan semangat nulismu makin menggebu-gebu lho ya.